Jumat, 24 Agustus 2018

#MariBaca (1) : Ayah - Andrea Hirata

Halo! Pernah nggak sih ngerasa sayang sama buku-buku yang udah dibaca dan lewat gitu aja tanpa ‘diabadikan’ kecuali cuma lewat pemahaman? Dari dulu udah ngerasa gini sih, tapi mager terus ‘ngabadiin’nya karena susah cari waktu juga. Berhubung sekarang udah lebih luang, makaaa diputuskanlah pelaksanaan niat ini: bikin ringkasan atau mindmap konten bukunya, dan bikin ulasan atau review bukunya.

Ringkasan atau mindmapnya sih buat saya pribadi (kecuali kalo ada yang minta, insyaaAllah saya kasih), biar sewaktu-waktu ketika butuh materi tertentu saya tinggal baca ringkasan/mindmapnya aja, gausah ribet-ribet cari lagi di bukunya. Nah kalo ulasannya baru deh buat publik.

Well, lewat judul #MariBaca saya akan nyoba ngulas sedikit setiap buku yang baru aja saya baca, yaa singkat aja sih ulasannya. Karena saya baru kepikiran ide ini belakangan ini, jadi buku-buku yang saya baca setelah ide ini muncul aja yang bakal diulas. Harapannya sih ini bisa ngebantu orang cari referensi buku apa yang oke buat dia baca. Untuk info, saya biasanya baca buku-buku parenting, novel (pendidikan, romance, religi, budaya, politik, childhood, dan sejenisnya), biografi tokoh, wanita dan kecantikan, sastra, lingkungan dan alam, arsitektur, penataan wilayah dan kota, buku-buku religi (sejenis yang biasa diterbitin ProU), management, buku-buku pengembangan diri, psikologi, sejarah, sains, dan komik (yes, of course!).  ulasan-ulasan saya ini diusahakan gak spoiler kok, jadi tenang aja hehe. Bukan berarti semua buku yang saya baca itu baiknya dibaca juga loh ya, tapi silahkan ambil yang emang dibutuhin aja. Semoga terbantu! J


Nah untuk kali pertama, saya bakal sedikit ngereview novel ‘Ayah’ karya mas Andrea Hirata.

Cover depan 'Ayah - Andrea Hirata'

Hmm sejauh saya baca novel, novel satu ini adalah novel  terunik menurut saya. Salah satunya adalah karena samasekali nggak ada synopsis atau bocoran barang sedikit aja dari isinya. Orang diminta menerka-nerka kira-kira gimana sih ceritanya. Nah kalo biasanya pembaca dibuat gemas dengan akhir yang unpredictable alias plot twist, plot cerita dalam novel ‘Ayah’  bahkan gak ngasih kesempatan pembaca untuk menebak akan seperti apa cerita selanjutnya saking gak ketebaknya. Jadi bukan hanya endingnya yang di’twist’, tapi hampir seluruh bagian ceritanya. Saya kurang paham, apa nama alur yang dipake mas Andrea dalam novelnya yang satu ini. Yang jelas, baru kali ini saya nemu alur cerita yang kayak gini. Pembaca dibuat seolah masuk ke berbagai sisi kehidupan tokoh-tokoh di dalamnya. Terkadang, figuran dalam novel ini pun seolah menjadi tokoh utama. Belum lagi gaya bahasa beliau yang selalu bikin pengen nyubit siapapun yang ada di dekat saya hahaha gemes! Leluconnya cerdas, walau kayanya gak semua orang ketawa bacanya, cuma orang-orang selevel saya aja—yang gampang banget menertawai hal sederhana—yang bisa ketawa segitunya kemarin waktu baca setiap part ‘bodoh’ nya.

Novel ini nyeritain tentang beberapa anak desa, salah satunya bernama ‘Sabari’. Orangnya biasa aja. Mukanya biasa, otaknya biasa, keadaan ekonominya bisa dibilang kurang, tapi semangat untuk ‘mengejar sesuatu yang dia inginkan’nya sangat luar biasa. Banyak konflik yang sebenernya biasa aja, tapi mas Andrea ini brillian dalam mengemas sehingga konten novelnya terasa sedap dibaca. Bagian-bagian awal novel ini emang agak bikin bingung karena alurnya yang unik, tapi kalo sabar baca sampe abis insyaaAllah gak nyesel! Well, pembaca gak akan nyangka kenapa judulnya ‘ayah’ J

Setelah baca novel ini, saya ngerasa harus lebih gak gampang nyerah hwahahaha *air punch*

5 komentar:

  1. Baru mau nanyain, bagian 'Ayah'-nya di mana. Oh ternyata emang disuruh baca sendiri ya di akhir. Haha.

    Btw, lagi-lagi ngambil ideku yang mau bikin tulisan-tulisan tentang buku yang udah dibaca-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa begitu. Baca baca! Haha
      Eh novel pergi mu di kamar lisa, kmrn lupa kubalikin :(


      Hohohohoho maab saya suda duluan \m/
      Yaa.. gakpapa tau klo bikin juga, toh buku yg kita baca kan beda, jd nambah referensi buat org kan hehe

      Hapus
    2. Mana sini pinjem wkwk
      Oh okee, kukira masih dibawa. Wah parah sih, udah minjem lama balikinnya lupa

      Mls aja nanti dikira ngikut2in situ. Wk.
      Haha iyaaa

      Hapus
    3. Wah buku ini juga aku minjem sayangnya wkwk
      sengaja kubawa dari jakarta ke semarang buat dibalikin, malah lupa keburu balik lagi ke jakarta -_- maaf y

      lhooo kan biasanya jg gt. *eh

      Hapus
  2. Yaah, beliin kalo gitu(?)
    Hahaha. Kalah sama euforia wisuda yha. Y gpp.

    Apaan. Situ juga ya.

    BalasHapus